PROFIL WIRAUSAHA SUKSES

PROFIL USAHA UKM

1. Nama UKM : Reza Fotocopy

2. Pemilik UKM : Reza

3. Tahun berdirinya : Febuari 1997

4. Lokasi : Jl. Akses UI ( Prapatan Hankam ) Kelapa Dua

5. Modal awal : Rp 150.000.000,-

6. Omset per bulan : Rp 50.000.000,-

7. Kendala : banyak persaingan

8. Strategi : - Pelayanan memuaskan

- Mengutamakan kualitas

9. Tujuan : Ingin memperoleh laba max

10. Target pemasaran : Pelajar, Mahasiswa, Dosen, Umum

KARAKTERISTIK UKM

1. Percaya diri dan optimis

UKM ini sangat percaya diri dalam mengembangkan usahanya serta kuat dalam menghadapi segala resiko yang dihadapi.

2. Berorientasi pada tugas dan hasil

Usaha ini mempunyai semangat serta tekun dalam menjalankan suatu pekerjaan dan kerja keras untuk mencapai laba yang maksimal. Dari kerja kerasnya, usaha ini berhasil memperoleh laba, yang awal berdirinya hanya memperoleh omset Rp 40.000,- / hari namun skarang dapat mencapai omset Rp 1.000.000,- sampai Rp 2.000.000,- / hari. Bahkan pernah mendapatkan laba maksimal hingga Rp 11.000.000,- / hari.

3. Berani mengambil resiko dan mempunyai tantangan

Dalam menjalankan usahanya, UKM ini siap menghadapi resiko baik yang kecil maupun besar, asalkan masih dapat dijangkau.

4. Kepemimpinan

Berjiwa kepemimpinan, mampu menghadapi segala masalah yang dihadapinya. Serta mudah beradaptasi dengan orang lain, memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya, dan selalu terbuka dalam menerima masukkan dari orang lain.

5. Keorisinilan

Selain membuka usaha fotocopy, Reza juga menyediakan berbagai macam ATK.

CIRI- CIRI UKM

1. Memiliki motif berprestasi tinggi

Usaha ini selalu berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik, serta para konsumen dan pemiliknya juga merasakan kepuasan sendiri.

2. Memiliki komitmen terhadap pekerjaan

Usaha ini mempunyai komitmen yaitu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik sampai selesai. Karena pekerjaan itu merupakan suatu tugas yang harus selalu diselesaikan.

3. Memiliki tanggung jawab

Dalam menjalankan usahanya, Reza fotocopy selalu bertanggung jawab dalam menjalankan usahanya baik yang ditunggu maupun dalam pihak perjanjian.

4. Memiliki kemandirian atau tidak ketergantungan terhadap orang lain

Selalu berusaha bekerja sendiri dan tidak terlalu tergantung kepada orang lain, meskipun banyak pelanggan.

5. Memiliki keberanian dalam menghadapi resiko

Untuk saat ini, Reza fotocopy belum mendapatkan berbagai resiko baik yang kecil maupun resiko besar. Tetapi apapun resikonya, Reza fotocopy akan selalu siap menghadapi asalkan masih dapat terjangkau.

6. Selalu mencari peluang

Dalam kondisi apapun, UKM ini selalu mencari peluang untuk mendapatkan laba yang diinginkan. Misalkan dalam sehari Reza fotocopy tidak membuka usahanya, peluang yang seharusnya diperoleh akan hilang.

7. Memiliki jiwa kepemimpinan

Selalu bertanggung jawab atas usaha yang dijalankannya, serta mampu menghadapi segala masalah yang terjadi juga mudah beradaptasi dengan orang lain, dan selalu terbuka dalam menerima masukan dari orang lain.

8. Memiliki kreatifitas tinggi dan inovasi

Dalam UKM ini memiliki kreatifitas dan inovasi, seperti menerima fotocopy berwarna. Namun harganya cukup mahal dibandingkan dengan yang biasa.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Sebuah strategi pemasaran yang efektif berarti strategi yang membuat organisasi itu sukses. Strategi pemasaran harus menyediakan tim pemasaran dengan pedoman untuk mencapai tujuan bisnis secara keseluruhan seperti peningkatan dalam pendapatan, peningkatan laba dan pengurangan biaya.

A. Aspek penting dari setiap strategi pemasaran

v Menawarkan produk

v Harga produk

v Komunikasi

v Saluran distribusi

v Perencanaan dan penganggaran

v Membuat atau merusak implikasi

Besarnya strategi pemasaranHal ini biasanya langkah pertama dalam strategi pemasaran. Ini dalam tahap awal dari strategi pemasaran bahwa faktor penting yang dipertimbangkan untuk merumuskan strategi pemasaran. Beberapa faktor yang sangat penting adalah sebagai berikut.

1. Ukuran Perusahaan

2. Siklus hidup perusahaan (mulai, pertumbuhan, kematangan dan penurunan)

3. Ruang lingkup strategi pemasaran, baik untuk satu produk atau semua produk perusahaan.

4. Pengalaman pada perumusan strategi pemasaran.

B. Penciptaan Strategi Pemasaran:

Pemasaran dimulai dengan pelanggan dan berakhir dengan pelanggan. Ini berarti semua aspek dan elemen-elemen pemasaran yang saling tergantung dan tidak bisa ditangani secara terisolasi. . Hal ini membuat jelas bahwa perumusan strategi pemasaran adalah baik awal dan akhir pemasaran.

C. Perumusan Strategi Pemasaran:

Setelah pengumpulan informasi, datang langkah selanjutnya merumuskan strategi pemasaran. Informasi yang perlu dianalisis secara menyeluruh dari setiap sudut pandang. Biasanya aspek diambil untuk dipertimbangkan saat merumuskan strategi pemasaran adalah ukuran, pertumbuhan, saham dan tren pasar. Setelah berputar dari informasi yang relevan untuk merumuskan strategi pemasaran, datang langkah rekomendasi strategis. Rekomendasi strategis meliputi;

1. Strategi Produk
2. Strategi Harga
3. Strategi Komunikasi
4. Channel Strategi

Strategi Produk: ini menangani strategi dengan bagaimana pasar untuk memahami produk Anda. Ini juga dikenal positioning produk. Isu kunci yang diambil untuk dipertimbangkan selama strategi produk adalah sebagai berikut.

1. Fitur dari produk
2. Manfaat produk
3. Sejauh mana produk memenuhi tingkat kepuasan pelanggan
4. produk memiliki di atas produk dari pesaing
5. Perubahan yang mungkin diperlukan untuk membuat posisi pasar yang lebih baik dan kuat.

.Harga Strategi: Strategi ini berkaitan dengan harga yang harus dikutip di pasar. Faktor utama yang mempengaruhi strategi harga adalah strategi positioning produk. Ada dua jenis strategi harga terutama dengan mengacu pada positioning produk.

Strategi Komunikasi: Strategi Komunikasi adalah tentang bagaimana mengirimkan informasi tentang produk dan perusahaan kepada masyarakat yang bersangkutan. Strategi komunikasi tergantung pada orang yang berhubungan dengan perusahaan (asosiasi, pemasok dan pelanggan) dan strategi produk-positioning. Tujuan utama merumuskan strategi komunikasi adalah sebagai berikut.

- Tingkat Tinggi kesan pelanggan perusahaan Anda dan produk harus ditetapkan. Kesan ini harus konsisten dengan positioning produk

- Pesan yang dibuat harus konsisten, ringkas, dan berdasarkan manfaat.. Pesan-pesan ini harus mampu membangun kesan yang diinginkan dalam pikiran orang-orang target atau penonton.

- Metode komunikasi harus tepat untuk setiap segmen pelanggan.

Channel Strategi: Strategi saluran adalah tentang saluran distribusi dan sarana untuk mencapai dan memiliki akses ke calon nasabah atau klien.. Strategi ini terutama berkaitan dengan pembuatan produk yang tersedia untuk pelanggan dengan cara yang terbaik biaya yang efektif.. Semakin para mediator antara produsen dan pelanggan lebih harga produk. Dengan demikian tujuan akhir dari strategi saluran adalah untuk merumuskan jaringan untuk memfasilitasi aksesibilitas dari produk atau jasa oleh pelanggan atau klien.

Tips Merawat Hand Bag

Berikut ini beberapa tips untuk perawatan hand bag :

1. Apabila tidak dipakai bungkus tas agar terhindar dari debu.
2. Hindari menggenggam langsung pegangan tas menggunakan telapak tangan, sampirkan saja pegangan tas di lengan. Anda bisa menghindari kerusakan pada pegangan tas akibat terpapar dari lotion atau kotoran yang melekat pada telapak tangan.
3. Jangan isi tas dengan barang-barang yang terlalu berat karena dapat merusak bentuk asli tas.
4. Jangan menggunakan tas mahal atau yang anda anggap spesial apabila cuaca sedang tidak bagus atau anda akan berkunjung ke tempat-tempat yang berpotensi bisa merusak tas anda.
5. Apabila pegangan tas anda terbuat dari rantai masukkan pegangan tas tersebut ke dalam tas ketika tidak dipakai supaya rantai tidak merusak bagian luar tas.
6. Gunakan bubble wrap untuk diletakkan di dalam tas ketika disimpan, itu berfungsi untuk menjaga bentuk tas.
7. Apabila tas disimpan di dalam lemari, pastikan ada sirkulasi udara yang baik supaya tas tidak berjamur.
8. Jika tas terkena noda membandel cobalah untuk warnai tas kembali. Pastikan anda membawanya ke jasa pewarnaan tas yang profesional.

MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PRODUK

Strategi menunjukkan bahwa sebuah bisnis akan mengejar strategi kepemimpinan biaya baik dengan mencapai harga terendah atau salah satu diferensiasi di mana atribut spesifik dari bisnis membedakannya dari yang lain. Undang-undang berikut ini berkorelasi menciptakan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi sebagai mendorong kita mengejar strategi diferensiasi atas kepemimpinan satu biaya.

1. Hukum pertama keunggulan kompetitif adalah prinsip konservasi diferensiasi. Hukum ini menyatakan bahwa keunggulan kompetitif berdasarkan diferensiasi yang tidak diciptakan atau dihancurkan, mereka hanya dapat mengubah bentuk. Ini sangat penting untuk dipahami karena dalam sebuah pasar yang sangat kompetitif, keunggulan kompetitif tidak akan tetap keuntungan tanpa batas. Ingat, persaingan sebagai kemampuan untuk beradaptasi. Transformasi konsisten untuk keunggulan kompetitif baru adalah apa yang akan menghasilkan arus kas jangka panjang dan mencegah erosi posisi strategis.

2. Hukum kedua keunggulan kompetitif adalah prinsip aturan faktor konstan dalam diferensiasi. Aturan ini memungkinkan untuk memisahkan faktor konstan bisnis di luar model bisnis dan berkonsentrasi pada membedakan bisnis itu sendiri. Dengan kata lain, ada beberapa hal yang diperlukan untuk dilakukan oleh setiap bisnis dan industri tertentu memerlukan hal-hal tertentu yang harus preformed. konstanta tersebut harus diperiksa secara terpisah dari faktor yang benar-benar membedakan bisnis. Sebagai contoh, hanya karena seorang fotografer foto pernikahan memberikan kepada klien-nya, ini saja tidak pemberi keunggulan kompetitif di industri fotografi pernikahan.

3. Hukum yang ketiga, dapat memberikan bisnis di pasar Anda dari waktu ke waktu secara langsung mengakibatkan pengaruh keunggulan kompetitif pada klien ideal . Ini berarti bahwa harus memahami dan membuat tindakan tegas besar dan cepat dalam pasar jika benar-benar memanfaatkan kekuatan keunggulan kompetitif usaha.

Dengan hukum-hukum ini dalam pikiran, penting untuk memahami bahwa keuntungan kompetitif yang dihasilkan oleh komunikasi dari Pusat Bisnis gravitasi dan yang menciptakan keunggulan kompetitif baru sangat penting untuk kesuksesan bisnis karena diferensiasi Anda akan mengikis dari waktu ke waktu. Sebuah hukum keempat yang baik akan melupakan Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman (SWOT) analisis. Memiliki aplikasi yang berguna untuk menjaga orang-orang sibuk, tapi dalam konteks hukum menciptakan keunggulan kompetitif itu tidak didukung dan tidak akan membantu dalam menciptakan diferensiasi yang benar dan kuat.

Sama seperti hukum-hukum ilmiah terbesar yang menggambarkan gerakan dan energi, hukum menciptakan keunggulan kompetitif akan memberikan pemahaman yang jelas dan dapat ditindaklanjuti dari sifat bisnis sehinggadapat menghasilkan pendapatan dengan benar-benar meningkatkan diferensiasi.

Menjadi Seorang Wirausaha yang Sukses

Menjalankan usaha adalah hal yang menantang kreatif dan fleksibel bagi masa depan seseorang,serta menjadi bos bagi diri sendiri. Disamping mendaatkan penghasilan juga menciptakan cara hidup baru dalam kehidupan. Menjadi pengusaha yang sukses memerlukan tinjauan kedepan kegigihan dan keberanian.

Karakteristik pengusaha sukses adalah :

1. Kemampuan untuk mengembangkan fokus yang jelas.
Seoarang wirausahawan harus tahu betul apa yang membuat usaha anda berbeda dari para pesaing. Kembangkan sebuah visi dan laksanakan, jangan beralih dari satu ide ke ide yang lain. Banyak pengusaha gagal karena mereka merasa bahwa ide baru yang mereka temukan lebih menarik daripada yang mereka jalankan sekarang. Pastikan kiat pengusaha sukses ini menjadi landasan pertama.

2. Harapan yang realistis.
Jika anda melakukan diet dan berharap bisa menurunkan berat badan lima kilo pe rminggu, anda pasti akan kecewa dan menyerah. Jika tujuan anda lebih realistis, kemungkinan besar wirausahawan akan tetap berpegang padanya dan berhasil. Sangat jarang ada orang yang “kaya mendadak”, walaupun mereka telah menjalankan kiat pengusaha sukses.

3. Kemauan untuk membuat rencana.
Para pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka menerapkan kiat pengusaha sukses seperti mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi.

4. Fleksibilitas dan adaptabilitas.
Selain membutuhkan rencana dan fokus yang jelas, wirausahawan juga perlu memiliki kiat pengusaha sukses penting, yaitu fleksibilitas dalam menanggapi perubahan situasi. Dalam bisnis, dan juga hidup, segalanya berubah, dan masalah pasti ada.

5. Kemampuan untuk mengatasi kekhawatiran karena harus menjual.
Dalam artian tertentu, semua pengusaha adalah penjual.Wirausahawan tidak boleh takut berhadapan dengan konsumen, memotivasi pegawai, dan menjalin hubungan baik dengan pemasok. Seorang wirausaha tidak harus punya keahlian atau kiat pengusaha sukses tersebut saat memulai usaha, tetapi harus mempelajarinya agar usaha anda tetap berjalan.

6. Bersedia bekerja keras.
Tidak ada jalan pintas disini; menjalankan usaha berarti bekerja keras sepanjang waktu. Inilah kiat pengusaha sukses yang paling susah diterapkan. Kesabaran adalah kunci sukses bisnis seorang wirausaha.

7. Tujuan pribadi yang jelas. Wirausahawan punya keinginan yang berbeda-beda. Kita ingin punya banyak uang dan sekaligus sudah berada di rumah saat anak-anak pulang sekolah. Kita ingin mengontrol semua kegiatan tetapi produk dan jasa yang kita hasilkan sangat beragam. Tujuan-tujuan tersebut jelas saling bertentangan satu sama lain. Untuk mencapai keberhasilan, anda harus tahu kiat pengusaha sukses ini, yaitu fokus pada apa yang benar-benar penting dan apa yang dapat di capai.

8. Pengalaman.
Kiat pengusaha sukses yang terakhir adalah tidak perlu berpengalaman sebagai manajer sebuah perusahaan mobil untuk memulai bisnis mobil bekas. Tetapi harus punya pengalaman dalam bidang terkait atau pengalaman dalam menerapkan kemampuan yang anda miliki sebagai manajer, sebelum mengawali suatu usaha.

Adapun Sifat terpenting dari Wirausahawan dikenal dengan Ten-D

1. Dream (mimpi) : Memiliki visi masa depan dan kemampuan mencapai visi tersebut.

2. Decisiveness (ketegasan) : Tidak menangguhkan waktu dan membuat keputusan dengan cepat.

3. Dors (pelaku) : Melaksanakan secepat mungkin.

4. Determination (ketetapan hati) : Komitmen total, pantang menyerah.

5. Dedication (dedication) : Berdedikasi total, tak kenal lelah.

6. Devotion (kesetiaan) : Mencintai apa yang dikerjakan

7. Details (terperinci) : Menguasai rincian yang bersifat kritis.

8. Destiny (nasib) : Bertanggung jawab atas diri sendiri.

9. Dollars (uang) : Kaya bukan motivator utama, uang lebih berarti sebagai ukuran kesuksesan.

10. Distribute (distribusi) : Mendistribusikan kepemilikan usahanya kepada karyawan kunci yang merupakan faktor penting bagi kesuksesan usahanya.